• Peneliti dari Jepang Tomoki Motozuka

Sharing Pengalaman Pemerintah Negara Bagian Florida dan Michigan USA dalam Menata Lingkungan


       Perubahan iklim adalah gejala mendunia yang telah terbukti dan tidak dapat dihindari. Kelangsungan hidup umat manusia terancam sebagai dampak perubahan iklim tersebut. Beragam dampak dan bencana alam yang sudah kita rasakan akibat kecerobohan kita dalam pembangunan yang agresif. Bumi sedang dalam proses menemukan titik keseimbangan baru (new equilibrium) untuk dapat bertahan dengan pola perubahan iklim.


      Penanganan pasca bencana oleh berbagai pihak pasca bencana di Kotagede dan Kali Code menjadi salah satu materi yang akan dipelajari oleh delegasi International City/County Management Association (ICMA) untuk perubahan iklim dari Amerika Serikat, ketika mengadakan studi banding di Kampus UTY Jombor.  

       Dalam kesempatan ini penataan lingkungan pasca bencana akibat perubahan iklim juga menjadi materi diskusi. Disampaikan oleh Punto Wijayanto, dosen Prodi Arsitektur UTY, bahwa “Penanganan lingkungan permukiman pasca bencana harus dilakukan secara terpadu oleh banyak pihak. Pemerintah daerah, swasta, terutama masyarakat perlu bekerjasama dengan baik. Peran masyarakat dalam menentukan lingkungan mana yang akan dikembangkan dan mana yang tidak, menjadi sangat penting.”  

    Hal ini juga disetujui oleh Wendy Gage, Planning Manager Ann Arbor City, Michigan USA. Pengelola/pemerintah kota, sebagai otoritas dalam mengatur pertumbuhan kota, sudah disibukkan oleh rutinitas dalam melaksanakan pekerjaannya sehari-hari. Masyarakat kota dan semua pemangku kepentingan (stake holders) sudah saatnya sadar akan kepentingan bersama untuk bertahan dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Selama ini, manusia telah berevolusi dan beradaptasi dalam menerima perkembangan teknologi yang demikian pesat, sekarang saatnya untuk menyesuaikan perilaku, pola dan gaya hidup dengan perubahan iklim, cuaca dan lingkungan. Apabila masing-masing elemen pemangku kepentingan berperilaku seperti sekarang (business as usual), maka bencana yang lebih besar telah menunggu di depan mata.  
      Pengalaman yang terjadi di kotanya, disampaikan oleh Sean McLendon, Alachua County Board of County Comissioners, Gainesville City, Florida, bahwa pemerintah Gainesville City memfasilitasi relawan komunitas perencana kota yang bertemu setiap 2 bulan untuk memberikan rekomendasi kepada walikota. Para kepala SKPD mengadakan rapat setiap dua minggu sekali untuk menjamin berjalannya program perubahan iklim secara terkoordinir.  
       Kepedulian berbagai pihak dalam kegiatan penanganan lingkungan sebagai dampak perubahan iklim harus menjadi agenda utama dalam materi pendidikan di perguruan tinggi. Dasar tersebut menjadi kepedulian UTY, untuk membuat kesepakatan antara BLH Kota Yogya, dan delegasi ICMA untuk saling memperkuat kemampuan professional melalui pengalaman belajar yang memungkinkan semua pihak untuk dapat merancang, mengembangkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat mengenai perubahan iklim.

Department Of Architecture UTY