• Peneliti dari Jepang Tomoki Motozuka

PRODI ARSITEKTUR DIPILIH UNTUK ACARA "KIPRAH KAMPUS" TVRI

Monday, Februari 20, 2012


Televisi Republik Indonesia (TVRI) melakukan syuting untuk program Kiprah Kampus, Kamis (16 Februari 2012). Kiprah Kampus adalah Program acara yang tayang di TVRI tiap hari Kamis, pukul,  15.30 – 16.00 WIB. Tujuan acara ini adalah untuk mengenalkan Tri Darma perguruan tinggi yakni kampus sebagai media pendidikan, penelitian dan pengabdian dan memberikan gambaran tentang kiprah kampus bagi masyarakat serta prestasi-prestasi yang telah diraih sehingga mampu memotivasi generasi muda lainnya.



DESAIN KAMPUS GO GREEN

Konsep ‘green architecture’ atau arsitektur hijau menjadi topik yang menarik saat ini, salah satunya karena kebutuhan untuk memberdayakan potensi site dan menghemat sumber daya alam akibat menipisnya sumber energi tak terbarukan.
‘Green’ dapat diinterpretasikan sebagai sustainable (berkelanjutan), earthfriendly (ramah lingkungan), dan high performance building (bangunan dengan performa sangat baik). Ukuran 'green' ditentukan oleh berbagai faktor, dimana terdapat peringkat yang merujuk pada kesadaran untuk menjadi lebih hijau.

Indikasi arsitektur disebut sebagai 'green' jika dikaitkan dengan praktek arsitektur antara lain penggunaan renewable resources (sumber-sumber yang dapat diperbaharui, passive-active solar photovoltaic (sel surya pembangkit listrik), teknik menggunakan tanaman untuk atap, taman tadah hujan, menggunakan kerikil yang dipadatkan untuk area perkerasan, dan sebagainya.

Konsep 'green' juga bisa diaplikasikan pada pengurangan penggunaan energi (misalnya energi listrik), low energy house dan zero energy building dengan memaksimalkan penutup bangunan (building envelope). Penggunaan energi terbarukan seperti energi matahari, air, biomass, dan pengolahan limbah menjadi energi juga patut diperhitungkan.

Arsitektur hijau tentunya lebih dari sekedar menanam rumput atau menambah tanaman lebih banyak di sebuah bangunan, tapi juga lebih luas dari itu, misalnya memberdayakan arsitektur atau bangunan agar lebih bermanfaat bagi lingkungan, menciptakan ruang-ruang publik baru, menciptakan alat pemberdayaan masyarakat, dan sebagainya. Penerapkan desain yang mendukung pencahayaan alami dapat bermanfaat untuk keseluruhan lantai kantor, penggunaan alat yang dapat mendeteksi cahaya alami untuk mengurangi penggunaan pencahayaan buatan, yang merupakan salah satu contoh efisiensi pencahayaan.

Konsep-konsep tersebut diterapkan pula pada desain bangunan Kampus UTY yang sedang dibangun. Konsep tersebut dikembangkan oleh mahasiswa Prodi Arsitektur UTY secara bertahap dan sistematis dan diterapkan pada rancangan secara mendetil.




Department Of Architecture UTY